Neraka – K.P Yohannan. Post by: Yohanes Tarigan


Neraka – K.P Yohannan

Saya telah berkotbah di gereja-gereja yang menginvestasikan jutaan dollar untuk membangun gedung gereja – gereja-gereja yang para pendetanya terkenal sebagai guru alkitab yang baik dengan hati yang mengasihi jemaatnya. Namun demikian saya menemukan banyak dari gereja-gereja tersebut sama sekali tidak memiliki program misi apapun

Sewaktu waktu saya berkotbah di salah satu gereja tersebut, saya membuat statement sebagai berikut: “sementara kalian mengklaim diri kalian sebagai injili dan mencurahkan banyak waktu untuk lebih dan lebih lagi mempelajari alkitab, tapi jujur saya mau berkata kalau kalian tidak mempercayai alkitab.” Para pendengar saya kaget. Tapi saya terus melanjutkan. “jika kalian percaya alkitab yang kalian katakan kalian percaya, bahwa di alkitab benar-benar ada tempat yang namanya neraka – dimana jutaan orang akan menuju kesana sepanjang kekekalan jika mereka mati tanpa Kristus – hal itu akan membuat kalian menjadi orang-orang yang paling nekat di dunia ini untuk menyerahkan segala yang kalian miliki untuk pekerjaan misi dan menjangkau orang –orang yang terhilang sebagai prioritas kalian.

Yang menjadi masalah bagi gereja ini sebagaimana banyak gereja lainnya sekarang adalah bahwa mereka tidak percaya adanya neraka. C.S Lewis seorang intelektual Inggris yang terkenal membela kristennya menulis, “tidak ada pengajaran apapun yang lebih ingin saya hilangkan dalam kekristenan selain neraka. Saya akan bayar harga apapun untuk bisa berkata dengan jujur kalau “semua akan diselamatkan” Tapi Lewis seperti kita menyadari bahwa dengan mengatakan itu tidaklah jujur ataupun dia memiliki kekuatan untuk merubah apa yang dikatakan alkitab.

Yesus sendiri selalu berbicara tentang neraka dan penghakiman yang akan datang. Alkitab menyebutnya tempat dimana ada api yang tidak terpadamkan dan ulat-ulat yang memakan daging tidak mati – sebuah tempat kegelapan yang paling gelap dimana ada tangisan yang kekal dan kertakan gigi. Banyak ratusan ayat lainnya yang mengatakan ada sebuah tempat dimana orang-orang terhilang akan menghabiskan kekekalan jika mereka mati tanpa Yesus.

Hanya sangat sedikit orang kristen yang kelihatannya telah mengintegrasikan realitas neraka kedalam gaya hidup mereka. Faktanya, sangatlah sulit untuk menganggap bahwa teman-teman kita yang tidak mengenal Yesus akan masuk neraka sepanjang kekekalan.

Leave a Reply

