Perubahan yang saya alami (Revised from: Ketaatan yang di Teguhkan by Manuel Mainake) – Verga Agustinus. Post by: Verga Agustinus

Ketika saya menulis ini, saya belumlah taat..saya belumlah seperti mereka yang taat..tapi saya mau seperti mereka yang taat, saya tahu saya bisa.. karena ada 1 pribadi yang menyentuh hidup saya, Dia Yesus Kristus..1 kehidupan yang akan membangun saya lebih dari pada hidup..sebagai orang yang belum taat mungkin saya berlebihan menulis ini, cuma 1 hal saja: KARENA SAYA PERCAYA.‬

Saya percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juru selamat saya. Kepercayaan itulah yg membuat saya tetap konsisten dalam menjalani proses pertumbuhan rohani hingga saat ini.

Berbicara mengenai pertumbuhan rohani, menurut saya setiap orang kristen mengalami proses yg berbeda-beda. Faktor keluarga dan latar belakang budaya turut mempengaruhinya. Walau bagaimana pun dasar dari pertumbuhan semua orang kristen berasal dari benih yang sama, yaitu : Firman Tuhan.

‪Dalam proses pertumbuhan rohani saya, ada satu perubahan yang nampak sepele dan ringan yang saya alami, namun menurut saya pembaca perlu ketahui. Saya menyebutnya ini sebagai ‘keinginan hati untuk mengenal Tuhan lebih dalam lagi’.

‪Sejak saya bertobat dan menyerahkan hidup bagi Kristus, ada suatu keinginan hati ini yang mendorong saya untuk benar-benar mengenal Tuhan yang telah menyelamatkan saya, dan mengetahui apa kehendakNya dalam hidup saya.

‪Keinginan hati ini juga yang memotivasi saya datang ke gereja bukan sekedar karena kewajiban sebagai orang kristen, melainkan untuk bersekutu dengan saudara-saudara seiman saya yang lain. Persekutuan dengan saudara-saudara seiman bagi saya adalah suatu kebutuhan, karena saya tidak mampu menjalani kehidupan kekristenan ini seorang diri.‬

Dan, lebih dari segalanya, saya membutuhkan ( pastinya ) : persekutuan pribadi dengan Yesus Kristus.

‪Sejak saya bertobat dan menyerahkan hidup kepada Tuhan Yesus, saya mengalami bahwa, entah kenapa, saya merasa sangat membutuhkan Yesus Kristus. Jadi bukan sekedar ‘kewajiban’ seperti yang saya alami dulu. Awalnya mungkin memang ‘kewajiban’, namun perlahan itu mulai berubah menjadi ‘kebutuhan’. Dan itu memang harus, bagi saya.‬

‪Persekutuan pribadi dengan Kristus saya alami melalui, antara lain : pembacaan dan perenungan firman. Sejak saya bertobat, entah kenapa, saya merasa butuh firman Allah bukan sekedar untuk di baca, namun saya butuh isi dari firman Allah itu sendiri. Dan berita keselamatan menurut saya, bukan saja bermanfaat untuk jiwa dan tubuh saya, tapi juga untuk keluarga saya dan mereka yang di luar sana.‬

‪Saya tidak ingin sekedar membaca firman. Saya ingin melakukannya.‬

‪Dan ketika saya mulai menyerahkan semuanya kepada Yesus, perubahan demi perubahan lain pun mulai terjadi..( sangat panjang untuk dituliskan disini ). Diantaranya adalah : saya mendapatkan ayat ayat yang penting bagi pertumbuhan rohani saya dari Alkitab saat berdoa. Ini luar biasa buat saya karena ayat ayat Alkitab itulah yang membuat saya percaya bahwa Yesus memang ada bersama saya.‬

‪Salah satu ayat yang saya dapatkan saat berdoa adalah, Roma 8:28

“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah”.‬

‪Sebagai penutup, di bawah ini kata kata yang saya jadikan sajak ketika saya terdiam dan merenung..lalu ada juga kata kata yang hadir begitu saja ketika saya sedang komsel, lalu saya menulisnya..

‪Tertatih, terhuyung lalu seperti jatuh

Menangis seperti menderita

Berdoa dalam derai airmata

Pertanyaan demi pertanyaan

Seperti tidak terjawab,

Tapi seperti menemukan jawaban

Entah apa

Tapi masih percaya DIA

Sampai akhirnya..

Suara itu bilang: Firman-KU hidup

Di salib-MU aku mendengar

Aku menangis, sedih

Tuhan berkata: kenapa takut?

Kasih-KU tetap

Di salib kesalahan kesalahanku

Bukan aku, tapi DIA

Karena kesalahan kesalahanku

Bernyanyilah ‘aku percaya’

Itulah kekuatanmu

Untuk apa kamu takut?

Dosamu sudah diampuni

Jangan takut

Berdiamlah, Aku mendengar

Berdoalah, Aku mendengar

Lakukanlah perkara besar itu

Kamu bisa‬

‪Saya sedang belajar kepada Kristus dan mau belajar lebih banyak lagi kepada Kristus melalui firman-NYA yang Hidup.

Terima kasih Tuhan Yesus, terima kasih. Amen.‬

Leave a Reply

