Pelajaran dari Orang Samaria yang Baik Hati – SAHABAT DOA. Post by: SAHABAT DOA

Pelajaran dari Orang Samaria yang Baik Hati

Ada sebuah cerita pendek mengenai seorang dosen seminari yang mengatur kelas berkotbahnya dalam cara yang tidak biasa. Ia menjadwalkan murid-muridNya berkotbah tentang Orang Samaria yang baik hati.

Pada saat kelas tersebut berlangsung, dosen tersebut meminta agar setiap murid-muridnya pergi satu per satu untuk mengkotbahkan tentang Orang Samaria yang baik hati dari satu kelas ke kelas yang lainnya. Kepada beberapa murid dia memberikan waktu 10 menit untuk mereka berpindah ke kelas berikutnya, tetapi kepada beberapa murid yang lainnya dia memberi waktu kurang dari 10 menit dan memaksa mereka untuk menepati waktu tersebut.

Setiap murid harus melewati koridor-koridor tertentu untuk sampai ke kelas berikutnya mereka berkotbah dan mereka akan melewati seorang gelandangan yang terlihat jelas memerlukan pertolongan. Dan dosen tersebut memang secara sengaja menempatkan gelandangan tersebut di sana.

Setelah semuanya selesai, hasilnya sungguh mengejutkan. Mereka yang berhenti dan menolong gelandangan tersebut persentasenya sangat rendah, terutama mereka yang diberi waktu lebih pendek dari yang lain. Karena terburu-buru untuk menyampaikan kotbah tentang Orang Samaria yang baik hati, mereka berjalan dan hanya melewati pengemis itu yang merupakan inti dari apa yang mereka kotbahkan.

Terkadang kita terlalu sibuk dengan pelayanan, pekerjaan, dan hal lainnya yang terkesan baik dalam pandangan kita dan kita menyangka bahwa itu menyenangkan hati Tuhan. Tetapi benarkah hal itu yang menjadi isi hatiNya?

Matius 25 : 31-46 menguraikan tentang penghakiman terakhir. Kita akan dihakimi bukan berdasarkan seberapa banyak kita mengetahui Firman Tuhan dan berseru-seru padaNya. Tetapi jauh dari pada itu, apakah kita sudah melakukan FirmanNya? Apakah saat Dia lapar kita memberi Dia makan? atau apakah saat Dia haus kita memberi Dia minum?.

Hati Tuhan adalah hati misi, lingkungan sekitar kita sehari-hari adalah ladang misiNya.
Mari bangkit para misionaris Allah.
[HTcom]

Tuhan Yesus memberkati anda selalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s